GIZI SEIMBANG PADA LANSIA

      No Comments on GIZI SEIMBANG PADA LANSIA

Gizi adalah zat–zat yang terkandung dalam makanan yang diperlukan untuk kehidupan manusia.

Tujuan dari Menu Seimbang Untuk Lansia

Untuk mempertahankan fungsi tubuh, menjaga kesehatan, dan bahagia di hari tua.

Masalah Gizi pada Lansia

  1. Berkaitan dengan gigi tanggal, kesulitan makan
  2. Kegemukan
  3. Kurus
  4. Anemia (kurang darah)
  5. Osteoporosis
  6. Penyakit degeneratif (Jantung, Tekanan Darah Tinggi, Diabetes Mellitus, Wasir, dll)
  7. Sembelit
  8. Fisik Kurang Aktif

Perencanaan Makanan untuk Lansia

  1. Makanan harus mengandung zat gizi yang cukup dari makanan yang beraneka ragam.
  2. Perhatikan porsi makan, usahakan porsi kecil dan sering, kurang lebih 3 kali makan utama dan 2-3 kali makanan
  3. Banyak minum 6-8 gelas per hari dan kurangi garam, dengan banyak minum dapat memperlancar pengeluaran sisa makanan, dan menghindari makanan yang terlalu asin agar tidak memperberat kerja ginjal serta mencegah kemungkinan terjadinya hipertensi.
  4. Batasi makanan yang manis-manis atau gula, minyak, gorengan, dan makanan yang berlemak seperti santan dan mentega.
  5. Bila kesulitan mengunyah karena gigi rusak atau ompong, makanan harus lunak / lembek atau dicincang.
  6. Konsumsi buah dan sayuran dianjurkan minimal 5 porsi (± 500   gram) per hari, hindari konsumsi suplemen serat.
  7. Konsumsi makanan sumber kalsium seperti susu dan produk olahannya, ikan, serta kacang – kacangan untuk mencegah pengeroposan tulang.
  8. Batas konsumsi kafein seperti minuman bersoda, kopi, cokelat atau teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *